Senin, 02 Desember 2013

ALHAMDULILLAH UJIAN NASIONAL SD RESMI DIHAPUS
By Munif Chatib

Membaca berita di kompas.com (http:/edukasi.kompas.com/read/xml/2013/12/02/1156109/Tidak ada lagi siswa tinggal kelas di SD) tentang pemerintah menghapus ujian nasional SD/Mts sederajat memuat saya sujud syukur. Bagi saya dan teman-teman yang terus melakukan kritik membangun tentang ujian nasional sejak tahun 2005 akhirnya terwujud di tahun 2014 nanti. Semoga tahun 2015 ujian nasional untuk SMP dan SMA sederajat juga dihapus. 

Saya ucapkan selamat buat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang akhirnya menangkap apresiasi banyak elemen pendidikan untuk menghapus ujian nasional, mulai dari para guru sendiri, orangtua dan masyarakat yang lebih luas.

Rasa syukur ini lebih dalam lagi jika dikaitkan dengan konsep SEKOLAHNYA MANUSIA yang memandang evaluasi hasil belajar siswa harus otentik dan dilakukan oleh guru sebagai pihak yang paling dekat dengan siswa. Juga memberi pemahaman yang dalam terhadap orangtua bahwa kemampuan anak kita tidak terbatas pada kognitif semata, apalagi hanya dengan lembar-lembaran tes.

Saya menghimbau semua orangtua agar tidak gelisah lagi menghadapi tes-tes di sekolah anaknya, terutama ketakutan, kegelisahan, dan kepanikan orangtua terhadap ujian nasional anaknya.

Saya juga mengharap agar orangtua yang masih mempunyai paradigma bahwa kemampuan anaknya adalah mutlak adalah nilai-nilai atau angka-angka, harus diubah. Apalagi paradigma orangtua yang keliru ini sampai membabat habis keinginan anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

Saya juga memohon kepada semua penyelenggara sekolah untuk menjadikan sekolahnya menjadi SEKOLAHNYA MANUSIA, bukan SEKOLAH ROBOT. Yang mana harus menghargai bakat dan minat peserta didiknya. SEKOLAHNYA MANUSIA adalah sekolah yang menyenangkan buat siswanya, bukan sekolah yang menegangkan. HIDUP SEKOLAHNYA MANUSIA!!! TERUS BERJUANG MENGHAPUS UJIAN NASIONAL SMP DAN SMA 2015.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More